Vietnam Tahan Imbang Thailand, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal AFF 2022 – ZonaTalk


Berita Baru, Sepakbola – Hasil mengejutkan datang dari pertandingan lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022. Timnas Indonesia U-19 gagal masuk ke semifinal.

Kendati Timnas Indonesia U-19 berhasil bekuk Myanmar dengan skor 5-1, di saat yang sama pertandingan Timnas Thailand U-19 berakhir dengan skor imbang 1-1 saat debut kontra Timnas Vietnam U-19.

Thailand dan Vietnam yang menduduki peringkat satu dan dua otomatis meraih poin yang sama, yakni 11 poin, sehingga mereka berhak melaju ke babak semifinal Piala AFF 2022. Sebaliknya, Timnas Indonesia gagal melaju ke babak semifinal.

Meski Timnas Indonesia U-19 menang lawan Myanmar sehingga meraih 11 poin, tapi skuad Garuda Nusantara kalah dalam urutan produktivitas gol.

Sebagai informasi, aturan Piala AFF tahun menggunakan peringkat sebagai acuan utamanya. Misal dalam satu grup ada tiga bahkan sampai empat tim sekaligus yang memiliki poin sama, maka akan ditentukan lewat peringkat yang diduduki.

Selain didasarkan pada perolehan poin, peringkat juga dibedakan dari produktivitas gol bagi tim yang meriah poin sama.

Jalannya Pertandingan

Di awal babak pertama, Vietnam bisa mendominasi permainan. Skuad asuhan Dinh The Nam mengandalkan sisi sayap untuk memberi tekanan ke pertahanan Thailand.

Sayangnya Vietnam masih kurang baik dalam melakukan kreasi serangan di area pertahanan Thailand. Dengan mudah lawan bisa melakukan antisipasi.

Di babak kedua, tensi permainan semakin meningkat. Para pemain dari kedua tim kerap membuat pelanggaran keras dan memicu perselisihan di atas lapangan. Wasit harus sigap melerai para pemain yang saling adu mulut. Kartu kuning pun dikeluarkan untuk mereka yang terlibat perselisihan.

Thailand yang menghindari kekalahan atau skor imbang tanpa gol dalam laga ini coba tancap gas di babak kedua. Mereka makin intens melakukan tekanan ketika menguasai atau kehilangan bola.

Upaya Thailand membuahkan hasil ketika pertandingan memasuki menit 72. Mereka unggul 1-0 berkat gol yang disumbangkan oleh Korekphon Arbram. Tak perlu waktu lama bagi Vietnam untuk memberi gol balasan. Pada menit 76, Khuat Van Khang sukses menjebol gawang Thailand.

Dengan situasi ini, kedua tim sudah aman untuk melangkah ke babak semifinal. Sebab, kemenangan sebesar apapun Indonesia atas Myanmar pada pertandingan lain takkan memberi pengaruh.

Dalam situasi aman, tempo permainan sedikit menurun. Pemain Thailand dan Vietnam nampak mulai hati-hati dalam membangun serangan agar tak kecolongan. Dengan tempo lambat di lima menit terakhir, jalannya pertandingan tak lagi sengit.

Alhasil skor imbang 1-1 bertahan sampai wasit meniup peluit panjang. Vietnam mengakhiri Grup A Piala AFF U-19 dengan finis pada urutan pertama. Sedangkan Thailand pada peringkat kedua, dan Indonesia di posisi ketiga. Mereka sama-sama mengoleksi 11 poin, tapi skuad Garuda Nusantara kalah dalam urutan produktivitas gol.

Susunan Pemain

Vietnam U-19: Cao Van Binh; Ha Chau Phi, Trinh Hoang Canh, Vu Van Son, Nguyen Anh Tu (Nguyen Van Tu 59′), Nguyen Quoc Viet, Khuat Van Khang, Nguyen Bao Long, Nguyen Van Truong (Nguyen Nhan Nghia 85′), Nguyen Dinh Bac, Nguyen Duc Viet.

Thailand U-19: Narongsak Naengwongsa; Thawatchai Inprakhon, Theekawin Chansri, Chanapach Buaphan, Sittha Boonlha, Thanawat Saipetch (Winai Aimoat 64′), Seksan Ratree (Niphitphon Wongpanya 40′), Bukkoree Lemdee, Thanawut Phochai (Phanthamit Praphanth 64′), Korekphon Arbram, Phon Ek Maneekorn (Kasidit Kalasin 46′).



ZONATALK

Sumber : Beritabaru.co