Wakil Rektor UGM: Mari Kita Fokus Tragedi Kanjuruhan, Tidak Usah Terpukau dengan Kemelut Politik – ZonaTalk


Berita Baru, Sepakbola – Wakil Rektor UGM, Arie Sujito mengajak agar masyarakat fokus dalam penanganan dan tindak lanjut kasus yang terjadi dalam tragedi Kanjuruhan. Tidak usah terpukau dengan deklarasi dari salah satu partai politik.

Menurutnya, tragedi Kanjuruhan ini bukanlah kasus sepele dan harus ada evaluasi mendasar agar di kemudian hari tidak terjadi lagi.

“Kasus yang terjadi di Kanjuruhan Malang ini tidak bisa dianggap sepele dan itu harus ada evaluasi mendasar misalnya dalam hal ini adalah penanganan di lapangan ketika terjadi crowded sampai terjadinya kerusuhan itu,” ucapnya lewat akun Instagram miliknya pada Senin (3/10).

“Bagaimana mengantisipasi atau melakukan pencegahan supaya tidak terjadi korban yang semakin besar. Ini juga bahan buat refleksi memperbaiki pengelola sepak bola secara nasional. Juga ada erat kaitannya mengapa proses-proses seperti ini terus berulang meskipun hal ini sangat besar.”

Arie Sujito dengan tegas mengajak untuk tetap fokus dalam penanganan dan investigasi dalam tragedi Kanjuruhan. Menurutnya, ini adalah problem kemanusiaan yang melampaui dari sekedar persoalan kontestasi politik.

“Jadi mari kita fokus ini dan tidak perlu terpukau oleh peristiwa deklarasi politik yang hari ini terjadi. Kita juga perlu untuk memperhatikan serius problem kemanusiaan ini melampaui dari sekedar soal kontestasi politik yang sekarang ini,” tutupnya.

Diketahui, hari ini Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah mendeklarasikan pencalonan presiden di Pemilu tahun 2024. Partai yang dipimpin oleh Surya Paloh tersebut secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.



ZONATALK

Sumber : Beritabaru.co