Wapres: Azyumardi Azra Akademisi Berkaliber Dunia – ZonaTalk


Wapres: Azyumardi Azra Akademisi Berkaliber Dunia

Berita Baru, Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berduka cita atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Ma’ruf mengenang Azyumardi sebagai sosok akademisi berkaliber dunia.

“Almarhum adalah akademisi berkaliber dunia. Karya, ide dan pemikirannya sangat mencerahkan, terutama pada Sejarah Kebudayaan Islam, yang menjadi bidang kepakarannya,” kata Ma’ruf dalam tayangan video, Senin (19/9/2022).

Ide dan pemikiran Azyumardi dinilai Ma’ruf memiliki pengaruh yang mencerahkan masyarakat luas. Lebih jauh, ia juga menganggap mantan Guru Besar UIN Jakarta itu sebagai intelektual yang mengikuti perkembangan zaman.

Ma’ruf mengatakan Azyumardi Azra merupakan seseorang yang responsif dan terus berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.

“Sebagai intelektual, almarhum sangat responsif dan kontributif terhadap dinamika perkembangan zaman, yang selalu menebar ilmu dan memberi inspirasi,” ujar Ma’ruf.

“Semoga segala karya-karyanya terus memberikan maanfat bagi bangsa Indonesia,” tambahnya.

Diberitakan, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat. Ia wafat tak lama usai tiba di Malaysia untuk mengisi acara konferensi Internasional di Selangor.

Azyumardi adalah cendekiawan muslim yang menorehkan banyak prestasi sebelum terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025. Ia dilantik memimpin Dewan Pers pada bulan Mei 2022.

Selain itu, Azyumardi juga produktif menulis buku. Beberapa karyanya yang dikenal luas antara lain Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII (2004); Renaisans Islam Asia Tenggara (1999); Pergolakan Politik Islam (1996).



ZONATALK
[ad_3]