Yowana MDA Karangasem dan Kecamatan Manggis Gelar Aksi Bersih di Pura Silayukti – ZonaTalk


bvn/r

BERSIH-BERSIH – Aksi bersih-bersih Yowana MDA Karangasem dan Kecamatan Manggis di Pura Silayukti Padangbai, Minggu (10/7/2022).

 

AMLAPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pasikian Yowana Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Karangasem yang dipimpin oleh Manggala, Wayan Suartika kembali menggelar aksi kebersihan lingkungan dengan menyasar Pura Dang Kahyangan Silayukti, Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem pada Minggu (Redite Paing, Pahang) 10 Juli 2022 bersama prajuru Pasikian Yowana MDA Kecamatan Manggis.

“Aksi bersih-bersih ini memperhatikan semangat Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali yang tertuang pada Bab V Tugas dan Wewenang Desa Adat, Pasal 21 dan Pasal 22 yang salah satunya mewujudkan terjaganya kesucian, kelestarian, kebersihan, dan Palemahan Desa Adat hingga terlaksananya pengelolaan sampah di wewidangan desa adat dengan menggelar bersih-bersih lingkungan,” kata Petajuh Pasikian Yowana MDA Kabupaten Karangasem, I Made Arda Oka.

Dia menjelaskan Pura Silayukti ini adalah bagian dari wewidangan desa adat, sehingga sudah sepatutnya Yowana yang berada di desa adat memiliki kewajiban untuk menjaga kesuciannya dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik sekali pakai hingga sampah yang mengancam kerusakan lingkungan seperti amanat Peraturan Gubernur Provinsi Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. (sar/r)

The post Yowana MDA Karangasem dan Kecamatan Manggis Gelar Aksi Bersih di Pura Silayukti first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com